Pada hari Jumat, 4 Oktober 2022, Rektor Universitas Sebelas Maret (UNS), Prof. Dr. Jamal Wiwoho, S.H., M.Hum, beserta anggota RKPU yang terdiri dari wakil rektor, ketua lembaga, direktur dan kepala biro melakukan peninjauan Laboratorium Hewan Coba Fakultas Kedokteran UNS. Kegiatan ini diawali dengan pemotongan rangkaian bunga melati di lobi lantai 3, Gedung F, FK UNS.

Laboratorium Hewan Coba FK UNS yang diresmikan pada 1 April 2022 diharapkan bisa meningkatkan penelitian dosen atau mahasiswa dengan media hewan coba. Pembangunan LHC FK UNS menggunakan dana non APBN dan murni dari Sumbangan Pengembangan Institusi (SPI) FK UNS.

Rektor sangat berharap Fakultas Kedokteran bisa memanfaatkan, mengoptimalkan, menggunakan laboratorium hewan coba khususnya pelayanan untuk mahasiswa tetapi juga terkait dengan riset-riset dan publikasi, tetapi juga tidak menutup kemungkinan laboratorium ini digunakan untuk publik.

drh. Khesara Sastrin Prasita Negara, M.Sc. selaku Kepala Sub Laboratorium Hewan Coba FK UNS dalam laporannya didepan Rektor dan anggota RKPU menjelaskan tentang fasilitas yang dimiliki oleh LHC FK UNS. Laboratorium ini melayani seluruh sivitas akademika dan instansi terkait lainnya dalam bentuk konsultasi pengujian in vivo, penyediaan hewan percobaan, dan penyediaan kandang hewan laboratorium serta kegiatan lainnya yang terkait pemeliharaan dan perlakuan hewan coba seperti sonde, pengambilan darah, pengambilan organ, dan pengambilan cairan tubuh.

Rektor beserta anggota RKPU langsung meninjau ke ruang unit penelitian untuk melihat kegiatan peneliti yang sedang melakukan perlakuan pada hewan coba. Pada saat ini terdapat beberapa mahasiswa dari luar UNS yang melakukan penelitian dengan menggunakan hewan coba di LHC FK UNS. Diharapkan ke depan semakin banyak lagi mahasiswa ataupun dosen yang melakukan penelitian atau riset di laboratorium hewan coba FK UNS.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *