Laboratorium Hewan Coba Fakultas Kedokteran Universitas Sebelas Maret (LHC FKUNS) telah berhasil menyelenggarakan Webinar Animal Model : Pembuatan Animal Model untuk Riset Biomedis dan Reproduksi pada hari Rabu, 26 Juli 2023. Webinar ini mendatangkan Prof. Dr. Widjiati, drh., M.Si dari Fakultas Kedokteran Hewan Universitas Airlangga sebagai narasumber. Kegiatan ini diikuti lebih dari 200 peserta dari berbagai institusi di Indonesia.

Sambutan Kepala Laboratorium Hewan Coba FK UNS

Dalam sambutannya sebagai Kepala Laboratorium Hewan Coba FK UNS, drh. Khesara Sastrin Prasita Negara, M.Sc mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk menunjang visi dan misi LHC FK UNS. Diharapkan kegiatan ini juga dapat eperkenalkan LHC FK UNS kepada peneliti-peneliti baik yang ada di Dalam maupun luar FK UNS.

Materi tentang Pembuatan Animal Model untuk Riset Biomedis dan Reproduksi diawali dengan pengenalan berbagai macam hewan coba yang bisa digunakan dalam penelitian. Selanjutnya dijelaskan juga tentang handling hewan coba dengan berbagai alat dan metode perlakuan pada hewan coba. Disampaikan pula pembuatan beberapa model hewan coba untuk riset reproduksi seperti mencit model endometriosis dan preeklamsia, tikus model PCOS, obesitas, stunting dan kanker.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *