Pada tanggal 26-27 November 2022 telah dilaksanakan Workshop Animal Handling dengan pembicara dari Sekolah Kedokteran Hewan dan Biomedik (SKHB), IPB University yang menghadirkan drh. Tri Isyani Tungga Dewi, M.Si., Dr. drh. Aulia Andi Musika, M.Si, dan drh. Diah Nugrahani Pristihadi, M.Si. Kegiatan ini dilaksanakan di Laboratorium Anatomi FK UNS, Gedung F, Lantai 1. Kegiatan ini masih dalam rangkaian kegiatan Lompatan Kreatif berjudul ‘Innovation Program on Neuroscience and Medical Animal Laboratory for Development Of Brain Research Center’ yang menjadi bagian dari Program Hibah Lompatan Kreatif 2022.

Kegiatan yang dihadiri oleh 35 peserta yang terdiri dari peneliti, dosen, mahasiswa baik dari internal UNS dan juga dari luar UNS dibuka oleh Dr. Selfi Handayani, dr. M.Kes, Wakil Dekan Perencanaan, Kerjasama Bisnis dan Informasi FK UNS, mewakili Dekan FK UNS. Tujuan dari workshop ini adalah untuk memberikan pelatihan dasar bagi peneliti pengguna hewan laboratorium agar dapat melakukan handling dan restrain hewan coba secara baik sehingga dapat meningkatkan kualitas penelitian hewan coba yang dilakukan di Laboratorium Hewan Coba FK UNS.

Dalam workshop ini, peserta diharapkan dapat belajar melakukan metode administrasi obat melalui rute oral (sonde) dan parenteral (injeksi). Workshop ini juga melatih peserta melakukan sampling untuk mengoleksi sampel darah, urin, feses, maupun jaringan dari hewan coba. Materi yang dipraktikkan dalam workshop ini antara lain teknik melakukan abdominal laparotomy, testicular castration, brain disection, digestrive tract harvest, berbagai macam teknik injeksi dan pungsi pada hewan coba serta teknik-teknik yang lain. Pada workshop ini peserta berlatih melakukan handling hewan coba mencit (Mus musculus), tikus (Ratus ratus), dan kelinci (Cavia cobaya).



Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *